Ertiga-GX-DB

Suzuki punya harapan besar pada sosok Ertiga. MPV keluarga ini memang menjadi kartu truf Suzuki di pasar Indonesia. Mesin baru, kapasitas 7 penumpang dan harga kompetitif menjadi daya pemikat Suzuki Ertiga di publik lokal.

Selain versi manual, Suzuki Ertiga memakai transmisi otomatis konvensional 4-speed. Variasi transmisinya tersedia pilihan L (low), 2, 3 dan D sebagai rasio gir tertinggi.

Sementara untuk melintasi jalan menurun, tombol overdrive dan free lock yang membuat mobil bisa didorong saat parkir pararel. Tuas persenelingnya apik. Kombinasi kelir beige dengan krom pada kepala tuas yang nyaman digenggam. Pun demikian saat pengoperasiannya.

Nilai plus lain Ertiga yakni posisi duduk yang ergonomis dan terasa seperti sedan. Pun saat Anda berada di kabin. Nuansa berkelas menyergap dengan kualitas buatan dasbor dan sekelilingnya.

Posisi kemudi mantap serta bantingan lembut. Kian asyik dengan paduan tenaga mesin responsif merupakan ramuan hebat yang membuat Ertiga asyik dikendarai.

Menambah nuansa kelas atas di kabin, Ertiga juga memberi sistem audio terintegrasi dengan pengontrol di setir dan on-board computer bertampilan modern.

Tenaga mesin 1.373 cc-nya juga terasa cukup positif. Penggerak roda depan membuat daya 95 dk siap mengantar mobilitas Anda. Laju 0-100 km/jam dicapai dalam 13,9 detik atau sama dengan performa Chevrolet Spin. Atau lebih lambat 2,8 detik dari Honda Mobilio dan 0,8 detik dari wakil Nissan.

Toh perihal kehematan, Suzuki Ertiga bisa berbangga. Ertiga mampu mencetak angka 19,2 km/l. Suzuki mengungguli saingan terdekatnya, Honda Mobilio 0,3 km/l. Lebih hemat 3,5 km/l dari Chevy Spin dan 1 km/l raihan dari Nissan Grand Livina.

Poin Utama

Mesin
Langkah revolusioner Suzuki dengan memperkenalkan mesin anyarnya, K-14B. Inilah K-series terbaru Suzuki. Untuk mesin bensin, Suzuki mengandalkan 1.400 cc 4-silinder DOHC VVT mampu menghasilkan 95 dk/6.000 rpm dan 130 Nm/4.000 rpm.

Bangku Baris Ke-2
Baris kedua Suzuki Ertiga begitu istimewa. Kenyamanan peĀ­numpang masih tetap terjaga di dalam Ertiga. Lebih jauh, bangku deret ke-2 bisa dimaju-mundurkan hingga maksimal. Kelapangan dan kenyamanan penumpang di baris ini terjamin plus akses pintu yang terbuka lebar. Fleksibilitas pelipatan kursi cukup menjanjikan. Cukup menarik tuas yang berada di samping, kursi bisa terlipat sesuai keinginan.

Audio
Sistem audio Suzuki Ertiga cukup menghibur dan praktis. Selain Double DIN, audio Ertiga didukung dengan fitur seperti CD, USB, Aux, dan lainnya. Sementara power outlet juga tersedia di luar soket 12 Volt. Kian praktis dengan pengoperasian audio lewat kemudi. (Autobild)